Langkah 2 : Cara Mengembangkan Kepedulian

cara-mengembangkan-kepedulian

Dengan membangun kepedulian Anda bisa memiliki kemampuan untuk berempati kepada orang lain dan menjalani hidup berdasarkan rasa kasih sayang, cinta kasih, dan belas kasih kepada orang-orang di sekitar Anda. Selalu ada saja godaan untuk menjalani hidup yang hanya peduli pada kepentingan diri sendiri dan terfokus hanya pada apa yang menjadi tujuan dan keinginan Anda sendiri, tetapi hari-hari Anda akan menjadi jauh lebih berharga jika Anda memikirkan tentang apa yang orang-orang dalam kehidupan Anda pikirkan dan rasakan.

Membangun kepedulian berarti bersedia mendengarkan, mengerti jika seseorang membutuhkan bantuan, dan memberikan dukungan bagi komunitas tanpa mengharapkan penghargaan. Jika Anda ingin mengetahui cara untuk membangun kepedulian yang lebih besar, setelah membaca Langkah 1 : Mengembangkan Cara Pandang yang Lebih Berempati. Berikut ini adalah Langkah 2 : Mengembangkan Sifat-Sifat Peduli

[dropcap]1[/dropcap] Bersikap sopan. Mungkin tidak terpikirkan oleh Anda bahwa bersikap sopan sangat erat hubungannya dengan kepedulian, tetapi pada kenyataannya, bersikap sopan akan membuat Anda menjadi seseorang yang lebih peduli dan Anda akan memperlakukan orang-orang di sekitar dengan rasa hormat. Bersikap sopan berarti berkelakuan baik, tidak berselera rendah atau kasar di depan orang lain, membantu menahan pintu untuk orang lain dan bertanya tentang keadaan mereka. Ini juga berarti tersenyum kepada orang lain, saling bertegur sapa, dan tidak mencampuri urusan orang lain. Apakah Anda sedang berada di kantor, berjalan kaki di jalanan, atau berbicara dengan saudara perempuan Anda, berusahalah untuk selalu bersikap sopan.

Anda tidak harus bersikap resmi secara berlebihan agar bisa tetap sopan. Anda hanya harus bisa mempertimbangkan orang lain dan membuat mereka merasa nyaman dengan kehadiran Anda.

[dropcap]2[/dropcap]
Berbagi kasih sayang.
Orang-orang yang peduli selalu memberikan kasih sayang kepada orang-orang yang mereka cintai atau perhatikan. Apakah Anda sedang memeluk putra Anda atau menggenggam tangan kekasih Anda, berusahalah untuk memberikan kasih sayang kepada orang lain sebagai cara untuk menunjukkan bahwa Anda peduli kepada mereka. Pelukan bisa sangat berarti dan memberikan rasa nyaman kepada orang-orang yang membutuhkannya.

Anda tidak boleh menunjukkan kasih sayang secara fisik kepada orang-orang yang belum Anda kenal dengan baik, tetapi Anda harus memeluk, memberikan sentuhan kecil, ciuman, tepukan lembut, atau tanda-tanda lain sebagai ungkapan kasih sayang secara fisik kepada orang-orang yang dekat dengan Anda.

Kadang-kadang tindakan bisa lebih bermanfaat daripada kata-kata. Meskipun Anda bisa membuat perbedaan besar dengan mengatakan bahwa Anda peduli kepada seseorang, kadang-kadang pengaruhnya akan jauh lebih besar jika Anda memeluk atau merangkulnya.

[dropcap]3[/dropcap]

Dengarkan orang lain. Orang-orang yang penuh kepedulian akan mempunyai waktu untuk mendengarkan orang lain. Mereka tidak terus menerus membicarakan diri mereka sendiri sebab mereka benar-benar tertarik dengan apa yang orang lain katakan. Pada saat seseorang sedang berbicara kepada Anda, lakukan kontak mata, abaikan dulu panggilan telepon atau hal-hal lain yang bisa mengganggu, dan jangan menyela pembicaraan orang ini. Jika Anda ingin memberikan nasihat atau tanggapan, tunggulah sampai orang ini selesai bicara. Selama Anda mendengarkan, perhatikan lebih dari sekedar kata-kata yang diucapkan; perhatikan juga wajah dan bahasa tubuh orang ini agar Anda bisa mengerti bagaimana sebenarnya pikiran dan perasaannya.

  • Jika orang ini sudah selesai bicara, jangan membandingkan pengalamannya dengan pengalaman Anda atau mengatakan, “Saya benar-benar mengetahui apa yang Anda rasakan.” Jangan membuat hal ini menjadi pembahasan tentang diri Anda. Lihatlah situasinya dari kepentingan orang ini.

  • Berikanlah perhatian secara khusus. Jika seseorang mengatakan kepada Anda suatu hal yang penting, jangan melupakannya setelah percakapan selesai; tanyakan lagi tentang hal ini di kemudian hari.

  • Anda tidak perlu mengatakan, “Oh, hm,” atau mengangguk secara berlebihan pada saat orang ini sedang berbicara karena ingin menunjukkan bahwa Anda sungguh-sungguh mendengarkan. Akan lebih baik jika Anda mempertahankan kontak mata.

[dropcap]4[/dropcap]
Bersikap lebih murah hati.
Bermurah hati, misalnya dengan memberikan waktu Anda atau uang Anda, bisa membantu Anda untuk menjadi orang yang lebih peduli. Jika Anda ingin menjadi orang yang peduli, Anda harus berbagi kepada orang lain dan tidak boleh egois dengan apa yang Anda miliki. Kita semua mempunyai jadwal yang sibuk, tetapi Anda harus berusaha untuk menyumbangkan apa yang Anda miliki, menolong orang-orang yang membutuhkan, atau sekedar memberikan pujian kepada seseorang yang dekat dengan Anda. Berusahalah untuk memberi dalam pengertian apapun tanpa melupakan diri Anda sendiri, dan Anda akan membuat diri Anda menjadi seseorang yang lebih memiliki kepedulian.

  • Bermurah hati dengan memberikan waktu Anda adalah hal yang sangat penting. Meskipun Anda tidak mau mengorbankan seluruh “waktu pribadi” Anda untuk kepentingan orang lain, bentuklah sebuah kebiasaan dengan membagi waktu Anda untuk mendengarkan seorang teman atau orang yang Anda cintai yang sedang membutuhkan Anda

[dropcap]5[/dropcap] Perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan. Kata-kata ini mungkin sudah sangat dipahami, tetapi Anda akan terkejut karena sangat sedikit orang yang benar-benar hidup sesuai hukum ini. Jika Anda ingin lebih peduli, Anda harus ramah dan bijaksana terhadap orang lain, dan memikirkan bagaimana perasaan Anda jika Anda berada di posisi mereka. Anda mungkin tidak begitu peduli pada saat memberikan komentar yang kasar kepada pelayan Anda karena Anda sedang kesal, tetapi pikirkanlah bagaimana pengaruh dari komentar Anda terhadap perasaannya.

Anda mungkin tidak peduli sudah bersikap kasar kepada adik laki-laki Anda, tetapi Anda harus memikirkan bahwa kata-kata Anda akan sangat mempengaruhinya. Dengan membiasakan diri Anda untuk memandang orang lain dengan menempatkan diri Anda di posisinya, Anda akan mengalami perubahan besar pada cara Anda menjalani kehidupan ini.

Anda mungkin tidak akan mengurangi keberuntungan Anda, tetapi orang lain mungkin akan mengalaminya. Cobalah membayangkan kira-kira apa yang akan terjadi sebelum Anda bersikap kasar atau tidak peduli pada seseorang yang kurang beruntung dibandingkan Anda.

[dropcap]6[/dropcap]
Berusahalah untuk berbaik hati kepada orang lain.
Berbaik hati adalah aspek penting yang lain dalam bersikap peduli. Jika Anda ingin berbaik hati, Anda harus menghormati orang-orang di sekitar Anda, dan jangan membuat orang lain terganggu karena Anda. Misalnya, jangan berbicara terlalu keras pada saat menelpon di dalam bis yang penuh sesak, jangan hanya memikirkan kenyamanan pribadi Anda sendiri, dan jangan bertanya kepada saudara perempuan Anda bagaimana perasaannya jika Anda mengundang mantan kekasihnya sementara dia juga akan ada di sana. Perhatikanlah orang lain dan pastikan mereka merasa nyaman dan dihormati dalam kehidupan Anda.

  • Berbaik hati juga berarti bertanya kepada orang lain untuk memastikan bahwa mereka baik-baik saja. Jangan begitu saja mengubah suhu pengatur udara di dalam ruangan kantor Anda sebelum menanyakan kepada setiap orang yang sama-sama kedinginan seperti Anda.

  • Anda harus menyadari bahwa kata-kata Anda, juga pada saat Anda mengatakannya, merupakan aspek yang penting dalam berbaik hati. Jika Anda ingin memberikan umpan balik yang negatif untuk seorang teman atau rekan kerja, pastikan bahwa ucapan Anda tidak menyerang dan sampaikanlah pada waktu yang tepat.